Life in A Day (2011) : Satu Hari yang Berharga

Source here

Judul          : Life in A Day
Tahun         : 2011
Director     : Kevin McDonald
Producer   : Ridley Scott
Production : Scott Free Productions dan Youtube

          Film dokumenter ini sangat unik karena menyorot kehidupan banyak orang dari berbagai belahan dunia dalam satu hari, tanggal 24 Juli 2010. Film ini merupakan bagian adegan dari 80.000 video dari seluruh dunia yang diunggah di youtube. Tujuan dari film ini yaitu menjadi mesin waktu bagi generasi di masa depan tentang masa ini. 

            Film ini dibuka dengan adegan seorang pemabuk di Eropa yang menyebutkan tanggal 24 Juli selepas dini hari. Selanjutnya, adegan bergulir seiring waktu, mulai dari seorang pemuda di Amerika yang menuju gedung tertinggi, seorang ibu di Indonesia yang berangkat ke pasar tradisional sampai kehidupan di pagi hari seorang ayah dan anak di Jepang. 

          Banyak adegan menyentuh dalam film ini. Mulai dari keluarga kecil yang menyiapkan kepergian ibunya ke rumah sakit (yang mungkin tidak akan pulang ke rumah lagi), adegan persalinan, anak kecil penyemir sepatu di Iran, sampai kehidupan lelaki tua pengangguran di Iran/Pakistan dengan 14 anaknya. Parahnya, beberapa dari anaknya menderita cacat mental.Film ini juga menampilkan seorang Korea yang berkeliling dunia dengan mengendarai sepeda untuk kampanye unifikasi Korea.

          Selain banyak berisi adegan menyentuh, film ini juga menyajikan pertanyaan, "Apa yang kamu cintai? Apa yang kamu takutkan? dan Apa yang ada di dalam saku anda?" Jawaban akan pertanyaan ini berbeda diantara mereka. Kejutannya, film ini juga banyak menampilkan Indonesia, dari ibu yang pergi ke pasar, pedagang keliling, dan pesta pernikahan salah satu daerah di Indonesia.

          Film ini terkesan lambat, namun tiap adegan memiliki arti yang sangat penting. Tiap adegan adalah cermin pribadi dalam lingkungan yang berbeda. Sebagai mesin waktu, film ini pun menampilkan kejujuran dari para penciptanya. Ya, film ini sangat jujur memotret semua realita yang ada. Menonton film ini membuat saya merasakan betapa berharga satu hari dalam hidup kita. Saya jadi memikirkan apa yang telah saya lakukan tanggal 24 Juli 2010 kemarin saat beberapa orang mengabadikan hari mereka dalam video. Lalu bagaimana dengan anda? Apa yang anda lakukan pada tanggal 24 Juli 2010 kemarin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar