Baca Sinopsis ; Cara Baru Nonton Drama Korea

By Miss Rain - 06.54

Sekarang-sekarang ini, lagi jamannya susah mau ngopi drama Korea. Ngga ada orang yang punya stok drama Korea. Beli DVD? Yah, laptop saya ngga ada DVD room-nya. Ribet kan? Nonton TV? Waduh, saya sudah putus hubungan sama TV.

Dulu, pas jaman kuliah, kalo mau drama Korea, saya tinggal ngopi aja ke teman yang kebetulan tiap hari di kelas donlot drama Korea. Iya sih, berhubung dia cowok, jadi drama yang dia punya macho-macho dan kurang melankolis. Menurut saya lho. Pas di Yogya, kalo kekurangan stok film, tinggal ke Platinum atau warnet entah apa namanya di ruko baru selatan Mirota Kampus yang ramainya luar biasa sampai ngantri-ngantri lebih dari lima orang padahal warnetnya dua lantai, buat ngopi film atau drama baik Barat, Indonesia, maupun Korea. Koleksi mereka lengkap nian. Bahkan film jabat jebot macam Mc Gyver aja mereka punya, lengkap lagi.Pas di Warsaw dulu, bahkan saya sering lho nonton drama Korea onlen.

Ngga donlot sendiri aja? Wah, saya ngga sabaran. Tiap episode kan hampir satu jam lebih, jadi saya pasti ngga betah. Udah gitu episodenya nyampe belasan. Penuh perjuangan mesthi. Jadi saya males donlot. Belum lagi sayang internet saya juga kan? Mending buat ngeblog. Meski gitu, saya tetap ngikutin perkembangan drama korea kok. Jangan khawatir. Gimana nontonnya? Saya baca sinopsis yang udah ditulis sama orang. Haahhh? Bingung kan.

 Laman web Buku Sinopsis, salah satu tempat sinopsis Drama Korea

Saya biasanya rajin-rajin baca blog-blog orang yang udah bikin sinopsis drama-nya lengkap di sini atau di sini. Jadi mereka, para blogger tersebut, memang sengaja menulis sinopsis drama korea yang mereka tonton, lalu menuliskanya di blog masing-masing. Serunya, karena itu sudah jadi semacam komunitas gitu, mereka sepertinya sih sudah janjian siapa menulis drama apa. Biasanya, satu drama ditulis oleh dua orang. Mereka berbagi masing-masing menulis untuk episode ganjil atau genap. Mereka juga mencantumkan foto-foto yang mendukung kok. Bahkan foto-foto yang ditampilkan banyak sekali berikut keterangannya. Jadi rasanya hampir sama seperti nonton langsung minus ngga ada suara aja. Bahkan, saking menghayatinya, saya pernah lho ngikutin sinopsisnya drama Can You Hear My Heart sampai nangis - nangis tiap malam. Dan saya juga pernah baru bisa nonton Master's Sun habis tamat baca sinopsisnya. Pas nonton ngga bosan lho, tapi asyik soale bisa sambil mikir,"Oh ini ya adegan yang digambarkan sama mbak ini begini kemarin." Kelihatan melas sih, tapi beneran asyik. 

Yang menarik dari baca sinopsis ini, kadang si penulis juga ngasih informasi kayak si tokoh ini itu juga main di drama mana, lalu kalo ada keanehan bakalan diceritain, komentar pribadi yang juga lucu, atau kalo mereka punya bocoran gosip mengenai tuh drama atau kejadian lucu pas syuting, semua dibagi. Asyik kan? Mereka juga rajin bikin analisis lho. Kayak apa yang terjadi sama tokoh utama, siapa yang lebih cakep di drama, dan lain-lain.

Jadi, untuk sementara, meski ngga bisa donlot atau ngopi drama korea, saya tetap bisa ngikutin drama korea via tulisan-tulisan orang. Tapi kalo harus disuruh milih, ya saya pasti milih dramanya langsung. Kenapa? Soalnya soundtrack drama Korea kebanyakan bagus-bagus, jadi rugi sih kalo ngga bisa nikmatin musiknya. Yang kedua, sepertinya blog-blog yang nampilin sinopsis drama Korea itu berat-berat. Entah karena kebanyakan sponsor atau memang kebanyakan fitur, jadinya lambat banget dan kadang bikin laptop saya nge-hang. Kalo udah gitu, ya saya harus sabar. :)

Kiki




  • Share:

You Might Also Like

3 comments