Demam India dan Dangdut

Kemarin saya sempat pulang seminggu karena sakit. Sakit yang ngga keren sih, maag. Iya, jadinya pulang biar ada yang mau ngurusin dan masakin saya. :)

Nah, pas pulang kemarin itu, akhirnya kebutuhan akan TV terpenuhi. Saya pikir, saya bakalan bisa menguasai TV seharian. Ternyata enggak sodara-sodara. Pagi hari, abis Songebob, TV diputar acara Eat Bulaga. Ibuk bilang, adek saya suka acara itu dan udah kenal banget saya orang India, entah siapa namanya yang main jadi Bima di Mahabarata. Ibuk bilang, si orang India itu lucu dan adek saya suka ketawa-ketawa kalo nonton itu. Yo wes lah, aku ngalah. 

 Source picture Antara/Teresa May : here

Malamnya, ternyata, acara nonton India itu masih berlanjut. Kali ini sinetron-sinetron dari India gitu. Mana banyak lagi. Udah gitu, menurut saya ceritanya absurd dan lambat banget. Salah satu yang saya inget itu judulnya Navya. Masih di stasiun TV yang sama. Yang main kalo ngga salah namanya Somya dan Shaheer Sheiks (hasil googling). Ceritanya, tentang cewek yang berhadapan dengan keluarga calon suami yang kolot, konsrvatif, kejam, dan suka melotot. Yang bikin ngakak, sinetron ini mirip sama sinetron Bawang Merah Bawang Putih beberapa tahun yang lalu. Itu lho, yang jadi Bawang Putih Revalina S. Temat dan Bawang Merah-nya Nia Ramadhani. Kenapa mirip? Sinetronnya bikin pusing karena suka zoom in - zoom out muka orang buat memperjelas ekspresi mereka. Biasanya, ada iringan musik khusus buat adegan ini. Pokoknya yang deng-deng...deng-deng... Kebanyakan sih buat memperjelas ekspresi kaget. Maksudnya sih mau ngasih efek dramastis. Tapi masalahnya, kalo di layar itu orangnya banyak, muka semua orang di situ digedhein semua. Lama kan. Udah gitu kan ngga penting. Sekarang juga kayaknya sinetron yang lagi booming, Ganteng-Ganteng Babi Ngepet (kalo kata teman saya) Serigala dan Diam-Diam Suka (atau Diam-Diam Cinta) juga sering gedhein muka kayak gitu kalo lagi kaget. Maklum aja sih, kan banyak sineas kita yang impor dari India. Setahu saya, kalo di Film Indonesia ngga ada kan? Ngga tahu sih, kalo film pocong-pocongan gitu ada atau enggak. 

Oke, balik lagi ke orang-orang India yang menguasai (salah satu) TV kita. Bapak saya aja sampe komentar,'Itu mereka pada banjir duwit kali di Indonesia.' Saya nimpalin.'Iya, soale mungkin di negerinya India sana, mereka kalah saingan sama Shahrukh Khan, Amir Khan, Salman Khan, dkk.' Kata ibuk saya, iya, mereka-mereka ini memang ngga pernah main di Film India yang durasinya 3 jam itu, kecuali salah satu yang dapat peran ibu-ibu gitu. Iya, bayarannya lebih tinggi mungkin. Bahkan untuk host wakil Indonesia buat acara Asia's got Talent juga orang India. Ya, sudahlah.

Oke, ganti yang lain. Selain demam India, TV kita juga lagi demam dangdut. Mulai dari D'Academy sampai KDI. Bahkan, acara gosip juga didominasi sama penyanyi-penyanyi dangdut, mulai dari Nassar, Saiful Jamil, sampai dengan Anisa Bahar. Masalahnya, entah ini cuma perasaan saya aja atau apa, saya kok ngerasa semua acara kontes dangdut tersebut kebanyakan ngobrolnya dari pada nyanyinya. Karena salurannya diganti-ganti antara sinetron India dan kontes, kayaknya nonton selama seminggu, saya cuma sekali atau dua kali gitu dengerin penyanyinya nyanyi. Tiap diganti ke saluran kontes dangdut, pasti komentatornya lagi ngobrol atau ribet sendiri. Mungkin kalo mau dengerin pesertanya nyanyi, harus mantengin terus dan ga ganti-ganti saluran. :(

Eh, meskipun saya terganggu karena ngga bisa nonton Tetangga Masa Gitu, apalagi waktu itu bintang tamunya Reza Rahadian, * bayangkan pemirsa, Reza Rahardian dan Dwi Sasono dalam satu layar.  Tapi ngga apa, demam India dan musik dangdut itu mengingatkan saya pada jaman SD. Iya sih, musik dangdut jaman saya SD dengan sekarang beda. Kalo dulu, musik dangdut itu melow banget, yang penyanyinya sampe hampir nangis gitu. Nah musik dangdut sekarang lebih rancak. Lalu India juga, dulu saban siang selalu ada Film India polisi 'Inspektur Vijay vs. Tuan Takur', sekarang ada sinetron India malam-malam. Oh ya, jadi bikin familiar juga sih sama cerita Mahabarata.

Satu lagi, penasaran nih, Iis Dahlia jadi cantik banget. Kelihatan lebih muda banget gitu. Lebih ceria dan segar lagi. Rahasianya apa ya?

:)
Kiki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar