Erasmus Mundus Action II

Teman-teman sekalian, terutama sekali yang nyasar di blog saya untuk berburu informasi beasiswa, kali ini saya mau bagi-bagi info tentang beasiswa Erasmus+ (dulu Erasmus Mundus) yang ngga begitu terkenal, padahal penerimanya banyak lho dari Indonesia. Beasiswa ini adalah beasiswa Erasmus Mundus Action II. 

Apa bedanya beasiswa Action I dan Action II? 
Beda. Beasiswa Action I ialah beasiswa Erasmus (untuk S2, 23, dan peneliti) yang masing-masing program dibawahi oleh konsorsium yang terdiri dari beberapa universitas di Eropa (dan sekarang juga beberapa universitas di luar Eropa, seperti Melbourne University, Waseda University, Yale University, Harvard University, dll). Jadi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini akan belajar di beberapa universitas di berbagai negara yang berbeda sesuai dengan program yang dipilih. Ijazah yang didapat pun bisa double degree atau joint degree, bergantung pada konsorsium yang bersangkutan. 

Action II merupakan program kerja sama antara universitas di Eropa dengan universitas di negara berkembang, atau sebut saja dengan Indonesia.  Jadi di masing-masing negara akan ada universitas partner yang memiliki kerja sama dengan universitas partner Eropa tergantung pada program tertentu. 
Misalnya, untuk program Interweave, universitas-universitas yang tergabung dalam program tersebut ialah Royal University of Bhutan (Bhutan), Tsinghua University (China), Indian Institute of Technology Guwahati (India), Vellore Institute of Technology (India), dan Institut Teknologi Bandung (Indonesia). Dalam program ini, belajar akan dilakukan di satu universitas di Eropa saja, sehingga ijazah yang didapatkan hanyalah ijazah dari universitas di Eropa yang bersangkutan. Beasiswa ini bukan hanya untuk melanjutkan studi, namun juga untuk pertukaran mahasiswa, tugas mengajar (1 bulan), atau pertukaran pegawai dari universitas partner untuk bekerja dan belajar di Eropa selama 1 bulan. 

Interweave



Apakah mahasiswa/lulusan dari non universitas partner bisa mendaftar? Bagaimana peluang diterimanya?
Mungkin bisa. Mungkin juga tidak. Berdasarkan pengalaman saya mendaftar program Panacea, pada tahun 2013, program ini diperuntukan untuk beberapa target grup, yaitu :
a. target grup 1 (dari universitas partner), 
b. target grup 2 (non universitas partner), dan 
c. target grup 3 (kelompok khusus : mahasiswa berkebutuhan khusus, cacat, dari wilayah konflik, wilayah perbatasan, korban perang, dll). 

Kuotanya, saya ingat sekali, dulu untuk program Panacea tahun 2013, kuota untuk exchange master 6 bulan ialah 8 orang untuk target grup 1 dan 2 orang untuk target grup 2. Mahasiswa dari target grup 1 akan bersaing dengan mahasiswa dari target grup 1, begitu juga untuk target grup 2. Sayangnya, pada tahun 2015 kemarin, Panacea tidak menerima mahasiswa dari universitas non partner. Dari universitas partner pun mereka hanya menerima untuk S2 dan S3, tidak ada S1. Jadi kondisi bisa berubah-ubah. Cek selalu informasi terbaru. 

Pilih Action 1 atau Action 2? Positif  dan Negatif Action 1 dan Action 2?
Action 1 : 
+ Belajar di beberapa universitas di Eropa bahkan di luar Eropa. 
+ Bisa tinggal di banyak negara karena kuliah di beberapa negara.
+ Ijazah double degree atau joint degree.
- Kadang-kadang program yang diinginkan tidak ada, misalnya Psikologi Klinis,  harus ambil Psikologi Industri atau Europe Public Health.
- Tidak ada untuk program profesi (cmiiw), misalnya profesi untuk menjadi psikolog setahu saya tidak ada. 

Action 2 : 
+ Bisa ambil program yang diinginkan sesuai dengan universitasnya. Misalnya berminat di Psikologi Klinis, tinggal ambil aja program Psikologi Klinis di Universitas yang tersedia. Mau Psikologi Klinis dengan fokus tertentu pun bisa. 
- Hanya kuliah di satu universitas saja. 
- Ijazah tidak double/joint degree.

Kapan waktu pendaftaran untuk Action 2?
Akhir tahun. Coba cek aja website masing-masing. Sama seperti beasiswa Erasmus+ Action 1, biasanya dibuka awal Oktober. Pantau terus mulai dari awal Oktober. 

Di mana bisa mendapatkan informasi mengenai beasiswa Erasmus+ Action 2? 
Bisa cek di website masing-masing. Berikut tabel beberapa program Action 2 yang memiliki kerja sama dengan universitas di Indonesia. 
Tabel Erasmus+ Action 2

Untuk informasi, cek terus website tiap program tersebut di atas. Mungkin ada beberapa program yang sudah tidak aktif lagi atau berganti nama, atau bahkan mungkin berganti dengan program yang lain. Bisa jadi program tersebut ada tahun 2014, namun tidak ada lagi tahun 2015, namun kembali dibuka lagi tahun 2016.

Untuk memudahkan, bisa juga cek di Kantor Urusan Internasional (Office of International Affair/OIA) dari beberapa universitas yang memiliki kerja sama Erasmus+ Action 2. Misalnya nih, jika kamu anak teknik, baiknya ya nyari-nyari ke OIA ITB. Saya kira mereka akan aktif memberi informasi tentang beasiswa yang ada kerja sama dengan Erasmus+. Kalau saya sih, dulu rajin sekali mantengin OIA-nya UGM. Mereka rajin up date informasi beasiswa. Beberapa universitas yang memiliki kerja sama Erasmus+ Action 2 di Indonesia antara lain : UGM, ITB, UI, UMM Malang, Universitas Syiah Kuala, dll. Rajin cari informasi web mereka saja.

Tapi kan saya bukan mahasiswa/lulusan UGM, ITB, UI atau universitas lain yang punya kerja sama dengan Erasmus+?
Ya ampun, ngga apa-apa. Kan cuma nyari informasi doang. Jadi nanti masuk aja ke website OIA universitas tersebut. Website-nya terbuka untuk umum kok. Lalu biasanya dari sana, akan ada link ke website aslinya. Nah, langsung aja cus ke website aslinya. Cek dah di sana. Cari apakah mahasiswa/lulusan dari universitas non partner bisa daftar atau ngga. Kalau bisa, ya silahkan daftar aja. Kalau ngga, ya udah cari program Action 2 yang lain kan banyak. Atau melipir ke Action 1 aja, kan programnya ada segambreng tuh. Dipilih aja yang sesuai.

Untuk informasi Action 1 di sini dan gambaran umum mengenai Action 2 di sini.

Semoga udah ngga banyak yang bingung tentang Erasmus+ Action 2 ya. Selamat berburu beasiswa dan semoga sukses. :)
Kiki

ps. Yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya, bisa follow twitter @ErasmusBandung. Saya baru bikin akunnya seminggu yang lalu. Insha Allah akan ada informasi terbaru kalau ada kegiatan yang berhubungan dengan beasiswa Erasmus+ di Bandung dan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar