Hai Dunia! Blog Ini Baru Mengulang Tahun yang Ketiga Lho

By Miss Rain - 11.32

Niat saya sebenarnya, pingin posting ini beberapa hari yang lalu, pas hari H si blog kece ini ulang tahun. Tapi apa daya, entah kenapa simcard untuk modem saya ngga bisa terdeteksi gitu. Sepertinya sih kotor, tapi udah saya bersihin pake minyak kayu putih, minyak telon, atau make up remover, tetap aja ngga bisa. Udah nyoba di-usrek-usrek pake penghapus pensil tetap ngga ngaruh. Padahal kalau dipake di hape bisa. Sepertinya modem saya emang udah ngga terlalu sensitif sih. Itu modem kesayangan saya dari tahun 2010. :)

Cukup intro-nya, sekarang mari kita fokus ke tema postingan ini saja, si blog yang berulang tahun. Yippiiiii!!!! Ada pesta-pesta perayaan? Kagak! Lagi prihatin ini. Untuk kehidupan yang lebih baik. :)

Oh ya, mari kita mengingat bagaimana perjalanan blog saya. Tahun pertama, ya ampun, saya cupu sekali. Malu banget kalo ingat postingan saya tahun pertama. Jangan dibuka ya. Yakin deh, tahun itu kayaknya ngga ada yang baca blog saya. Kalo ada pun pasti orang kesasar yang entah apa alasannya. Tahun kedua, mulai ada perkembangan dikit sih, postingan saya sudah agak panjang, tapi masih ngomongin kehidupan saya sehari-hari. Yang baca palingan cuma teman-teman saya. Tahun ketiga, saya mulai nulis macem-macem, namun ya masih kehidupan saya sih, tapi temanya lebih luas. Bukan hanya membahas kehidupan saya yang membosankan : kuliah-kos-ngerjain tugas-tidur siang. Pembaca saya, makin banyak. Seneng banget lho, ada pembaca yang menghubungi saya. Lalu, ada juga pembaca blog saya yang mengenali saya di dunia nyata pas ketemu. Ya ampun, saya bahagia. 

Tapi, tapi, tapi, saya lelah teman-teman. #Hayatilelah. Iya sih, sekarang saya mengelola beberapa blog. Eh iya, saya punya beberapa blog. Selain blog yang isinya kartu pos itu ya. Yang itu lupain aja. Kartu pos-nya terus ada sih, cuma saya sering bingung apa yang harus ditulis dari kartu pos yang datang. Kalau mau pamer kartu pos, harusnya saya bikin instagram aja ya. Saya niat buat IG sih, tapi buat hal lain, bukan kartu pos. Jadi kalau mau lihat koleksi kartu pos saya, datang langsung ke tempat saya aja ya. *tetep mental pamer. 

Blog saya yang lain, yang belum dipublikasikan untuk umum sekarang itu ada dua. Yang satu blog buku, yang lainnya masih rahasia ya.  Blog buku bagaimana nasibnya? Saya niat pingin up date sih, tapi saya agak bingung karena dia make platform yang berbeda. Ceritanya, waktu itu saya mau make platform asli Indonesia, biar dibilang cinta produk dalam negeri gitu, tapi malah ngga terlalu bisa make. Saya ngga terlalu ngerti. Rasanya rumit sekali hanya untuk buat posting aja. Entah mungkin saya yang memang sudah terlanjur terbiasa dengan blogspot. Entahlah. Karena ribet ini, saya lama banget ngga nulis di sana. Kayaknya, terakhir nulis itu sekitar tahun lalu. Lupa. 

Blog yang satu lagi, bikinnya baru tahun kemarin. Berhubung blog saya yang ini nge-hits, saya kan malu kalo isinya curhat alay-alay gloomy gitu. Jadi ya udah, dikomersialkan aja sekalian. Mempertimbangkan bahwa blog ini pageview-nya udah banyak (ngga banyak-banyak amat sebenarnya), lalu jumlah pengunjung tiap harinya juga lumayan, saya berencana buat mengomersialkan blog ini dan mendaftar google adsense. Saya waktu itu pingin fokus buat tips beasiswa, studi, dan jalan-jalan. Sampe saya sudah bikin disclaimer segala lho. Intinya sih udah niat banget gitu. Tapi sayang, saya kok ngga nyaman kalo tempat ini jadi komersil. Jadi biarkan saja ya, kalo ntar isinya curhat melulu. Emang ini gunanya buat tempat curhat. Kalo orang yang dicurhatkan kemungkinan baca, ya saya mohon dimaafkeun dan ngga usah diambil hati. Mungkin saya lagi bercanda. Hehehehe... Akhirnya, saya membuat blog lain dengan tujuan komersial. Biar total!

Oh ya, hampir lupa, tahun kemarin juga, saya gabung beberapa komunitas bloggger demi adsense. Mungkin ini juga penyebab pageviews saya meningkat. Tapi saya merasa ngga nyaman. Saya merasa dipaksa menulis sesuatu demi menjaring pengunjung agar berminat. Saya juga mempelajari tema-tema yang disukai pembaca. Niat banget gitu. Apakah berhasil? Ya, jelas enggak lah. Wong ngga dilakukan. Soale, dalam set pikiran saya, blog ini adalah tempat pribadi, jadi agak susah buat saya untuk menulis hal-hal yang saya ngga terlalu suka. Rasanya jadi berjarak gitu. Saya ngga suka ada jarak antara saya dengan blog ini. *personal sekali. Jauh di lubuk hati, saya ngga rela kalo saya kehilangan jati diri tulisan saya. Biarkan tulisan saya begini adanya. Tulisan ini menunjukan perkembangan diri saya juga lho. Jadi biarkan saja begitu adanya, dalam goresan pena ketikan keyboard laptop. Ini akan jadi kenang-kenangan untuk saya di masa depan.

Nah, lalu kenapa saya jenuh? Mungkin saya enggak jenuh dengan blog, tapi hidup saya secara keseluruhan. Banyak yang terjadi akhir-akhir ini? Wah, nanti ya, saya belum siap untuk cerita. Biar lara ini kubawa berlari saja. Hiks... *sok drama banget gitu. 

Tiba-tiba bingung ini saya mau ngomong apa. #kurangfokus #kurangcairan #lagipuasa #alesan

Oh ya, intinya tulisan saya panjang lebar di atas itu mau ngomongin mau dibawa ke mana blog saya yang ini. Mau dibawa ke mana? *wink-wink* Intinya, saya akan tetap menulis kok. Cuma mungkin saya butuh rehat sejenak saja. Nanti, jika saya sudah berniat rajin nulis lagi, saya pasti bakalan rajin posting lagi. Semoga bulan depan semua rasa (baca : rasa jenuh) ini sudah berakhir dan kita bisa bersua lagi tiap minggu lewat tulisan-tulisan geje saya. Oh ya, blog ini ngga jadi dikomersialkan. Jadi isi postingannya bakalan hal-hal ngga mutu lagi. Saya berniat nulis suka-suka saya. Mau dibaca orang atau tidak, saya ngga akan peduli. Bagi yang berniat untuk unfollow, dipersilahkan kok. :)

Di akhir, selamat ulang tahun blog saya tercinta. Meski sekarang mengelola banyak blog, dikau tetep yang di hati. *duh.  Semoga kita masih tetep bersama-sama untuk sepanjang tahun ini. Dan tahun depan, saya dapat menulis ucapan selamat ulang tahun untukmu. 

xoxo
Kiki


  • Share:

You Might Also Like

0 comments