Happy First Anniversary!!!!


x 

Pada tanggal 2 Juli tahun kemarin adalah hari pertama saya membuat blog ini. Saya masih ingat sekali, saya membuat blog ini di sela-sela mengerjakan skripsi saya (yang sebaiknya memang tidak perlu dibahas di sini lebih lanjut). Kebanyakan posting pun saya tulis di Perpustakaan Sanata Dharma. 

Lalu kenapa saya tiba-tiba tercetus ide untuk membuat blog. Sebenarnya ini terjadi karena faktor ketidaksengajaan yang sangat menyenangkan. Semua dimulai ketika saya mendaftar kelas Reading C di Program English Extension Course Sanata Dharma University. Awalnya agak ngga tertarik buat masukin kelas ini ke KRS (Kartu Rencana Studi) karena saya pikir, "Kalau Reading, bisa baca sendiri di rumah. Ngapain pakai masuk kelas segala.". Tapi karena jadwal kelas yang saya pingini macam Translation C itu bentrok dengan kelas yang lain, maka dengan alasan menuh-menuhin SKS, saya terpaksa ambil Reading C. Dan tada... kelas Reading C ini ternyata sangat menyenangkan. Kami tidak hanya disuruh membaca sepanjang waktu, kami harus melakukan review artikel ilmiah dan populer dan menggabungkan keduanya. Lalu ada pula presentasi satu-satu di depan kelas. Asyik nian lah. Apalagi dosen kami Miss Patrice yang baik, ramah, dan jenaka.

Lalu, kenapa saya membuat blog? Ini terjadi pada suatu sore yang mendung. Di kelas, tiba-tiba Miss Patrice meminta kami untuk menulis dan menceritakan target hidup kami di masa depan. Mulai dari target satu bulan ke depan, satu tahun, lima tahun, sampai sepuluh tahun ke depan. Saya tidak ada masalah menuliskan target saya satu tahun sampai sepuluh tahun ke depan. Bahkan target sampai dua puluh tahun ke depan pun ada. Tapi saya ngga punya target satu bulan ke depan. Apa target saya satu bulan ke depan? Ada sih sebenarnya, skripsi. Tapi pada waktu itu saya sudah jenuh memasang target untuk skripsi. Saya sudah mengkhianati target skripsi saya sejak dua setengah tahun yang lalu. Jadi saya ogah untuk menuliskan skripsi dalam target saya satu bulan ke depan. Biarkan skripsi saya berjalan apa adanya.

Saya bingung. Memikirkan apa ya, yang bisa saya lakukan satu bulan ke depan. Dan harus menyenangkan. Itu syarat mutlak. Lalu tiba-tiba tercetus lah keinginan saya untuk membuat blog. Satu bulan ke depan, saya akan membuat blog dan aktif menulis, minimal satu bulan sekali. Itu target saya. Cukup menyenangkan bukan?

Keajaiban muncul saat saya mulai bercerita tentang target-target hidup saya di depan teman-teman sekelas. Pada awalnya, saya berfikir respon orang-orang bakalan biasa saja soalnya target teman-teman saya yang lain lebih heboh, seperti wisata kuliner ke luar daerah, menyelesaikan tesis, dan lain-lain, tapi ternyata respon Miss Patrice sangat di luar dugaan. Dia bilang,"Woww.... itu kegiatan yang menyenangkan sekali. Saya ingat sewaktu saya ambil master, seorang dosen saya di kelas Writing meminta kami sekelas untuk menulis blog setiap hari. Tidak ada tugas kuliah,  Ujian Tengah Semester dan juga Ujian Akhir Semester. Nilai kami akan diambil dari tulisan-tulisan kami di blog. Kami sekelas harus menulis blog setiap hari selama satu semester. Dan itu aktivitas yang sangat menyenangkan. Saya sangat menikmatinya. Di akhir semester, dosen saya tersebut memuji bahwa tulisan saya bagus dan saya mendapat nilai A. Sayangnya sekarang karena saya sibuk, saya jadi tidak punya waktu menulis lagi. Rizki, kamu bisa coba untuk menulis secara teratur. Itu sangat menyenangkan." (Tentu saja Miss Patrice bilang dalam Bahasa Inggris dan ditulis berdasarkan ingatan saya saja.)

Dan benar saja. Saya sangat menikmati aktivitas ini. Sungguh. Ini asyik sekali. Jika tahun lalu saya berniat untuk menulis minimal sebulan sekali. Tahun ini bahkan saya bertekad untuk posting seminggu sekali (meskipun beberapa kali isinya hanya spasi). Aktivitas ini juga membantu saya untuk selalu mengingat tanggal.

Jadi, di akhir, saya berharap bahwa aktivitas yang awalnya hanya untuk memenuhi tugas kelas Reading C ini benar-benar bisa bertahan lama. Saya berharap ini bisa jadi kebiasaan saya. Menulis. Selamat ulang tahun blog-ku terkasih. Semoga engkau terus tumbuh dan berkembang.

Dengan cinta ( baca : kekuatan bulan)
RDM

2 komentar:

  1. suka tulisan ini.. :D

    Saya sudah mengkhianati target skripsi saya sejak dua setengah tahun yang lalu. Jadi saya ogah untuk menuliskan skripsi dalam target saya satu bulan ke depan. Biarkan skripsi saya berjalan apa adanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, malah ditulis ulang di sini. dimiringin lagi. Ketahuan deh kalo saya ngerjain skripsi 3 tahun. Hehehehe.....
      Matur nuwun, mas. : )

      Hapus