Haruskah Saya Berhenti Menjadi Narablog?

By Miss Rain - 15.44

Pertanyaan ini menyeruak di awal tahun baru 2019. Haruskah saya berhenti menjadi narablog? Jawaban dari pertanyaan ini harus kembali ke awal-awal saya membuat blog, tahun 2012.

Pada saat itu, saya membuat blog agar hidup saya teratur. Di tengah ketidakpastian dan semua keribetan saat itu, saya menginginkan satu proyek yang pasti dan terukur. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog dan menulis artikel tiap seminggu sekali. Apakah saya bisa konsisten menulis blog? Ya, setidaknya sampai tahun 2015, saya selalu menulis blog setiap minggu. Rasanya menyenangkan. Bahkan jauh menyenangkan dari dugaan saya sebelumnya. 

Ada beberapa hal yang saya pelajari dari pengalaman menjadi narablog ini :
1. Kadang apa yang saya harapkan menjadi postingan populer, nyatanya hanya mendapatkan sedikit pembaca. Lalu postingan sambil lalu yang menurut saya tidak penting seperti pengalaman ada tikus di kamar kos dan daftar drama Korea kesayangan malah jadi postingan populer. Jadi, selama menulis saya berusaha menekan harapan saya akan pembaca sedikit mungkin. Dalam menulis blog ini, saya juga berusaha untuk quantity over quality, seperti kata Gary Vee, pada akhirnya di antara tulisan-tulisan saya yang banyak itu, ada satu dua yang bagus. Tidak banyak sih, tapi lumayan. Kalau saya tidak menulis, tidak ada satu atau dua tulisan yang lumayan.

2. Blog ini melatih saya menulis. Beberapa kali saya menang lomba blog. Ngga tanggung-tanggung, kadang saya dapat juara 1 atau 2 dengan hadiah uang atau bahkan jalan-jalan. Pernah juga ikut salah satu proyek menulis nasional dan masuk finalis. Kalau ngga ngeblog, kapan belajar nulisnya?

3. Blog saya membantu beberapa orang, baik info beasiswa, jalan-jalan, dan lainnya. Rasanya bahagia ada yang menghubungi saya dan merasa terbantu karena tulisan di blog saya.

4. Dapat pekerjaan. Tahun 2015 awal pernah mendapatkan pekerjaan karena blog saya ini. Hehehe....

Jadi apakah saya akan berhenti menjadi narablog? Sepertinya tidak. Malah saya berencana untuk kembali menulis 4 postingan dalam sebulan. Saya tidak tahu apa yang akan saya tulis nanti. Tapi semoga niat saya ini awet dan bisa bertahan terus ya. Saya pun menunggu kejutan apa yang akan saya tulis di blog ini nantinya.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments