Kuliah Pra Pasca (yang Tertunda) Hari Terakhir

By Miss Rain - 23.22

Selasa, 5 Februari 2013, hari terakhir saya kuliah Pra Pasca. Sama seperti hari pertama, hari terakhir pra pasca ini juga diisi dengan kepala nyut-nyutan akibat ngga tidur semalaman. Kali ini saya memilih tempat duduk di bagian belakang. Biar bisa menyepi sambil ngerjain soal Dasar-Dasar Ilmu Sosial yang harus dikumpulkan hari ini. Kerja kilat!

Setelah beberapa waktu yang lalu kangen banget sama kelas saya yang sesungguhnya, saya merasa kayaknya saya juga bakalan kangen sama kelas saya yang ini. Mereka semuanya baik-baik dan lucu-lucu. Dan juga masih imut-imut.

Saya juga menemukan perbedaan mencolok antara kelas ini dengan kelas saya :
Kelas saya : topik hangat yang banyak dibicarakan adalah skandal korupsi salah satu presiden partai ternama dengan inisial LHI.
Kelas ini : topik utama adalah presenter kondang yang masuk penjara gara-gara narkoba dengan inisial RA.

Mungkin topik yang berbeda juga terpengaruh oleh faktor usia. Saya kaget waktu diberitahu bahwa rata-rata peserta kelas ini adalah angkatan 2008/2009. Rekor usia termuda adalah kelahiran tahun '92. Ya ampun, lebih muda dari adik saya. Dan mereka sudah S2. 

Hari terakhir kelas ini diisi dengan menunggu. Kami menunggu kuliah. Bukan hal aneh sih, tapi bentuk meja yang kecil dan menyatu dengan kursi bikin punggung saya sakit. Belum lagi duduk di sebelah Mas S**** yang pilek berat dan curhat terus-terusan perihal dia yang ngga tidur semalaman dan ngga paham statistik. Dalam hati membatin,"Saya juga ngga tidur semalaman, mas. Aduh, bakalan ketularan pilek nih!"

Di hari terakhir ini saya juga merevisi pendapat pertama saya bahwa kelas ini sama berisiknya dengan kelas saya. Kelas ini jauh lebih berisik dari kelas saya. Sumpah!! Kalo di kelas saya, oknum yang bikin berisik cuma 4 orang, di kelas ini, hampir semuanya super berisik.

Ngomong-ngomong juga, sampai sekarang, bahkan saat kelas Pra Pasca ini usai, saya belum juga mengerjakan tugas-tugas UAS. Rasanya saya ngga maksimal juga mengerjakan semua tugas  dari kemarin-kemarin.

Beberapa hal yang saya pelajari dari kelas Pra Pasca kemarin :
1. Saya jadi ngga yakin untuk nyari kerja di hari Senin - Rabu, soale cuma Pra Pasca saja, beberapa tugas saya keteteran dan saya sangat mendamba hari Minggu.
2. Saya sangat bersyukur masuk kelas saya sekarang, bersama teman-teman se-cohort.
3. Ternyata saya belum terlalu menguasai kemampuan memprediksi perilaku manusia. Prediksi saya salah melulu.
4. Saya tetap merasa asing dengan Ekologi. Ekologi, bagaimana caranya bisa dekat denganmu? Atau saya yang kurang niat ya?
5. Mata kuliah favorit tetaplah Dasar-Dasar Ilmu Sosial.

Jadi, karena kuliah Pra Pasca telah purna, waktunya konsentrasi penuh pada kuliah saya yang sebenarnya. Takjub juga karena sebentar lagi kuliah di kelas akan segera berakhir. Digantikan dengan penulisan tesis yang mungkin bakalan mengguncang iman saya lebih dahsyat lagi. Entahlah!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments