Komitmen Terlama Saya

By Miss Rain - 15.38


Ngeblog. Ya, ngeblog adalah komitmen adalah komitmen paling lama yang saya lakukan. Saya sudah mulai ngeblog sejak tahun 2012. Sudah 9 tahun. Komitmen saya yang lain lewat lah. 

Saya tidak pernah mengira, apa yang dulu hanya kegiatan penunda agar saya terlihat produktif tanpa mengerjakan skripsi tiba-tiba menjadi komitmen yang saya jaga selama hampir 9 tahun. Iya sih, saya tidak lagi menulis tiap minggu. Bahkan belum tentu tiap bulan ada tulisan. Tapi tetap saja, jika ada waktu, ide tenaga, dan sinyal, saya usahakan untuk menulis. Tulisan sampah pun tak masalah. Wong, saya juga ngga yakin ada yang baca blog ini. 

Sekarang pun, saya ngga tahu apa yang harus saya tulis di sini. Hahaha... Saya cuma mau ngomongin ini saja dah. Meski sekarang mode sudah berubah, bukan lagi blog, namun beralih ke video youtube, tik tok, atau podcast, tapi saya tetep mau ngeblog dulu. Saya pun jika mencari review suatu produk, lebih senang blog dibandingkan youtube. Lebih hemat kuota dan gampang untuk skimming dan scanning. Hehehe...

Selama ini ada beberapa hal sih yang bikin saya konsisten ngeblog, di antaranya:
1. Blog saya tetap ada di sana. Tidak berganti atau hilang ketika tidak saya tengok lama. Ketika saya ingin kembali, blog saya selalu ada. Tetap menerima tulisan saya. Bahkan, kalo saya males dan tulisan saya ngga mutu sekalipun.
2. Kadang saya nulis di sini cuma kalau ada kuis atau lomba blog. Hahahaa... Jujur, tulisan-tulisan lomba ini menjadi banyak di tahun-tahun terakhir. Saya butuh menang lomba blog biar dapur tetap ngebul. ; )
3. Saya harus berlatih menulis. Dulu, menulis rasanya gampang sekali. Sekarang, rasanya susah banget. Bahkan, beberapa kali pas hari akhir lomba blog/esai, maag saya sering kumat. Saya benar-benar ngga tahu kenapa sulit sekali untuk menulis. Mungkin kurang latihan. Itulah kenapa saya, sejadi-jadinya, tetap berusaha untuk ngeblog, meski hanya beberapa kalimat. Biar tetap terbiasa menulis. 

Udah. Itu saja sih. Semoga komitmen yang baru 9 tahun akan menjadi 19 tahun, 29 tahun, 39 tahun, dan sampai 109 tahun mendatang. Amin.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments